Penulis : Ibnu Hamad
ISBN : 978-979-99513-3-5
Penerbit : La Tofi Enterprise, Jakarta
Tahun terbit : 2010
Jumlah halaman : 242
Desain cover : Feryawi Haryadi
Desain cover : Feryawi Haryadi
Status : fotokopian (karena sudah sulit nyarinya)
Harga : Rp. 20.000,-
Harga : Rp. 20.000,-
Tanggal fotokopi : 8 Februari 2014
Nilai : 4 dari 5
Sesuai judulnya, berkomunikasi
itu ya berwacana (discourse). Bukan sekedar
perspektif umum seperti pengiriman pesan, pemerantaraan, dan penerimaan pesan
belaka. Sebab saat kita berkomunikasi dengan orang lain kapanpun di manapun,
pasti sudah dipilih kata-kata/bahasanya (atau disebut signing); sudah dipilih pula fakta-fakta yang disampaikan (framing); diatur pula waktu dan tempat penyampaian
(priming). Pilihan-pilihan ini bisa jadi
tidak disengaja atau tidak disadari sepenuhnya, terlebih lagi disengaja dan
disadari. Semua bentuk komunikasi ini dipengaruhi faktor internal dan eksternal
nan kompleks dari orang-orang pelaku komunikasi. Dengan kata lain setiap hari kita sudah berwacana asal
kita ketemu orang lain, bahkan pertemuan dalam media sosial sekalipun.
Cara pandang Ibnu Hamad mengenai
wacana sungguh menarik, mudah untuk diikuti, dan termasuk baru bagiku. Sangat direkomendasikan
kepada para pembaca awal buku-buku mengenai wacana (discourse). Buku ini membukakan mataku mengenai kekuatan besar yang
tersembunyi di balik “komunikasi” siapapun atau entitas apapun kepada siapapun,
bahwa komunikasi bisa digunakan untuk mengonstruksi realitas dan ia tidak pernah
netral dan bersih dari kepentingan, apalagi kalau berani mengatakan dirinya
netral. Metode-metode yang diperkenalkan tidak hanya bisa digunakan untuk membongkar
tapi sekaligus membangun komunikasi sebagai wacana.
Jadi...saat sampul buku ini mengatakan "Bestseller Komunikasi" itu sudah merupakan wacana tersendiri.
kang, numpang ngopi bukunya boleh gak kang? sekalian sama ongkir ke solo brapa? soalnya temen ane juga buku ini buat skripsi.
BalasHapusmakasih, kang.
Boleh sih, tapi fotokopi dari fotokopi hasilnya gak akan bagus.
BalasHapus