Judul buku : Semiotika Visual, Konsep, Isu, dan Problem Ikonisitas
Penulis : Kris Budiman
ISBN : 978-602-8252-55-2
Penerbit : Jalasutra, Yogyakarta
Tahun terbit : 2011
Jumlah halaman : 212
Desain cover : Alinda Setyaningsih
Desain cover : Alinda Setyaningsih
Harga beli : Rp. 44.000,-
Beli di : Social Agency Jl. Kaliurang
Tanggal beli : 17 Mei 2013
Nilai : 3,5 dari 5
Buku Semiotika ternyata
berbeda-beda satu sama lain. Tergantung paham penulisnya dan siapa penulisnya. Satu
kesimpulan adalah bahwa antara satu semiotikawan dengan sejawatnya tidak saling
berkawan. Buku ini masih terus kubaca biar makin paham apa itu semiotika. Nyatanya
semiotika tidak sesederhana itu dan tidak bisa digunakan sembarangan menafsir suatu
fenomena. Buku ini bisa dibilang sangat teknis dan sistematis. Semacam buku rumus
dan (sepertinya sih) mudah untuk diterapkan. Tahu gak buku ini berdialog dengan buku
mana? Menurutku buku ini berhadapan dengan Semiotika
Komunikasi Visual-nya Sumbo Tinarbuko. Bagiku buku ini adalah bentuk jawaban
dan tanggung jawab Kris Budiman sebagai pengajar mata kuliah Semiotika Media di
UGM supaya semiotika tetap jadi "semiotika," bukan yang lain.
0 komentar:
Posting Komentar