Minggu, 09 Agustus 2015

Ditulis 04.38 oleh with 3 comments

Declare! Kamar Kerja Penerbit Jogja (1998-2007)


Judul buku                : Declare! Kamar Kerja Penerbit Jogja (1998-2007)
Penulis                      : Adhe
ISBN                        : 978-979-3323-04-6

Penerbit                    : KPJ Komunitas Penerbit Jogja, Yogyakarta
Tahun terbit              : 2007
Jumlah halaman         : 175
Desain cover             : Jubek

Harga beli                 : Rp. 30.000,-
Beli di                       : Toga Mas Jl. Affandi
Tanggal beli               : 24 Mei 2011
Nilai                          : 4 dari 5

Sebuah buku tentang buku yang antik, karena jarang ditemukan ada buku semacam ini. Sampai sekarang masih sering kubaca ulang. Apalagi ditulis oleh orang perbukuan yang mencintai dunianya dan dapat berakibat fatal buat dirinya. Artinya, dia berani kritis terhadap dunianya sendiri dan seperti mau cari musuh, padahal maksudnya sayang dan peduli.

Meskipun judulnya memakai kata Jogja namun buku ini tidak hanya membahas mengenai buku di Jogja. Beberapa fenomena buku diulas di sini. Lebih tepatnya dibongkar dan dibantai tanpa ampun. Mulai dari tren buku teenlit, Kahlil Gibran, buku tanpa copyright, terjemahan amburadul, sampai soal royalti penulis yang gak beres dan gak jelas dibabat habis. Menggunakan metode etnografi dengan melibatkan wawancara orang-orang perbukuan (misal: pemilik toko buku Toga Mas hingga Ong Hary Wahyu, dll) buku ini sukses melibas beragam kepentingan “kotor” dalam dunia penerbitan. Ada kerinduan akan semangat-semangat awal dunia penerbitan Jogja yang penuh kebersamaan dan idealisme yang kini telah senyap akibat masuknya pemodal besar ke buku-buku yang dulu jadi lahan penerbit kecil/alternatif Jogja. Ada sesuatu yang ditangisi di sini.

Sayangnya aku membeli buku ini kemahalan. Wong, beberapa waktu dari setelah kubeli buku ini diobral 10 ribu Rupiah. Dan sayangnya juga buku ini tidak layak untuk dihargai serendah itu. 



      edit

3 komentar:

  1. mantab sob, kelihatannya menarik sekali

    BalasHapus
  2. salam,apa masih punya stok buku ini. saya berminat.

    BalasHapus
  3. Buku "Declare!" ini baru saja dicetak ulang kok. Di toko buku sudah beredar. Saya cuma pengulas, gak jualan, demikian.

    BalasHapus