Jumat, 28 Agustus 2015

Ditulis 04.10 oleh with 2 comments

Ramadhan ala Muslim Show

Muslim Kartun

Muslim Cartoon
Goresan tangan Noredine plus tanda tangan

Judul buku                : Ramadhan ala Muslim Show
Penulis                      : Noredine Allam & Blondin
ISBN                        : 978-602-242-259-4

Penerbit                    : Dar! Mizan, Bandung
Tahun terbit              : 2014
Jumlah halaman         : 56

Harga beli                 : Rp. 45.000,-
Beli di                       : Gd Ajiyasa ISI Yogyakarta
Tanggal beli               : 12 Maret 2014
Nilai                          : 3,5 dari 5

Ini komik kubeli pas acara tur peluncuran buku komik Muslim Show edisi bahasa Indonesia di kampus ISI Yogyakarta (Gd. Ajiyasa). Waktu itu penulis dan ilustratornya datang langsung sehingga bisa sekalian minta tanda tangan. Bahkan bukan hanya tanda tangan tapi juga goresan gambar langsung penulisnya. Dan yang digambar pun adalah wajah pembeli (aku). Tentu saja senang sekali.

Secara teknik tidak diragukan lagi. Gaya gambarnya rapi, campuran komik Eropa dan ada sedikit pengaruh Jepang sekaligus Korea. Pewarnaan pun juga indah dengan warna-warna lembut pastel, komik ini bisa dibuat sebagai referensi dalam berkomik.

Debat hilal tiada akhir
Berisi 46 komik (kartun) strip, ia mengisahkan sulit-berat-senang-lucunya berpuasa di Perancis (tempat asal komikus yang keturunan Timur Tengah). Cerita-cerita yang diangkat bukan hanya khas terjadi di negeri asing tapi juga terjadi di negeri ini. Kadang disampaikan dengan gaya hiperbola. Maklumlah namanya juga komik kartun. Rasa kedekatan sesama muslim itu dapat terbangun dari sini. Ada pula kisah (yang sekaligus kritik) betapa menjalankan syariah agama Islam di negara sekuler tidak semudah di Indonesia. Misalnya: prasangka-prasangka terhadap muslim dan belum diterimanya hijab/jilbab bagi muslimah terutama di tempat kerja. Untuk itulah orang Islam di Indonesia mesti tiada berhenti berucap syukur. Sayangnya kenapa buku ini mesti hardcover? Nambah ketebalan aja. Jika tidak hardcover komik ini akan lebih tipis hingga separuhnya sehingga bisa memudahkan penyimpanan di rak buku.
      edit

2 komentar:

  1. makasih reviewnya. Saya lagi cari info ttg isi buku ini terkait adanya bc di medsos yang miring ttg buku ini.
    Btw tulisan dan

    BalasHapus