Rabu, 26 Agustus 2015

Ditulis 04.18 oleh with 0 comment

Maui Pendekar Hawaii



Judul buku                : Maui Pendekar Hawaii
Penulis                      : Yus Rusamsi
ISBN                        : -

Penerbit                    : Pustaka Jaya, Jakarta
Tahun terbit              : 1979
Jumlah halaman         : 76
Ilustrator                    : A. Wakidjan

Harga beli                 : Rp. 5000,-
Beli di                       : Social Agency Godean, Yogyakarta
Tanggal beli               : 28 Mei 2015
Nilai                          : 3 dari 5

Maui dalam Maui Pendekar Hawaii yang merupakan saduran dari Hawaiian Tales (Helen L. Berkey)  adalah seorang pemuda Hawaii yang punya sejibun pengalaman ajaib serta jasa yang luar biasa besar bagi seluruh umat manusia. Berkat dialah kita bisa menikmati perputaran “normal” matahari terhadap Bumi sebagaimana adanya kini, sebab dulu matahari menampakkan diri hanya dalam waktu sekejab saja. Gara-gara ini banyak pekerjaan penduduk desa yang terbengkalai akibat singkatnya siang hari. Dia yang prihatin dengan keadaan ini kemudian membuat perangkap dari pilinan rambut untuk memerangkap matahari. Begitu matahari tertangkap dia lantas memukuli matahari dengan sebilah kapak dan memaksanya agar mengarungi angkasa dalam tempo yang lebih lambat (cerita ini bisa tampak pada sampul), matahari menuruti karena tidak tahan dipukuli oleh Maui. Sejak itulah matahari terbit dan beredar seperti sekarang.

Maui dan nenek pemilik air ajaib
Berkat dia pula kita bisa berdiri bebas berjalan menjejak Bumi sebagaimana mestinya tanpa terhalang adanya langit. Iya, langit. Sebab dahulu kala langit letaknya sangat rendah sampai-sampai manusia harus berjalan merangkak ke mana-mana, tidak bisa berdiri tegak, angin tidak bisa bertiup leluasa, udara menjadi amat panas, pohon-pohon pun tumbuh sangat pendek. Maui lalu mencari seorang nenek pemilik kendi berisi air ajaib yang sanggup membuat peminumnya bertenaga besar. Setelah meyakinkan si nenek, Maui dengan kekuatan barunya menjunjung langit satu persatu agar menjauhi daratan. Langit pun menggembung jauh dari Bumi hingga kini orang tidak perlu lagi merangkak-rangkak sebab kini langit sudah berada jauh dari Bumi.

Memang ceritanya amat sangat ajaib, tapi mau bagaimana lagi, toh ia adalah cerita rakyat dan legenda. Jika tidak cukup ajaib maka ia bukan masuk dalam legenda.
      edit

0 komentar:

Posting Komentar