Selasa, 25 Agustus 2015

Ditulis 04.43 oleh with 1 comment

PAN (komik)



Benny Rachmadi

Partai Amanat Nasional

Judul buku                : PAN
Penulis                      : Benny Rachmadi, Sandra Hamid & Amir Sidharta (naskah)
ISBN                        : -

Penerbit                    : DPP Partai Amanat Nasional
Tahun terbit              : 1999
Jumlah halaman         : 32
Ilustrator                   : Benny Rachmadi

Harga beli                 : -
Nilai                          : 3 dari 5

Komik mungil (15 x 11 cm) yang diterbitkan oleh DPP PAN (Partai Amanat Nasional) ini digambar oleh Benny Rachmadi (komikus dan karikaturis) yang dulu dikenal dengan duetnya bersama Muhammad Misrad (Mice). Gaya-gaya ilustrasi Benny Rachmadi yang khas di karikatur dan buku-bukunya yang terbit belakangan ternyata sudah bisa ditemui sejak 1999. Ini tidak mengherankan sebab seri buku Lagak Jakarta pertama kali terbit tahun 1997.

Komik yang terbit untuk menyambut pemilu 1999 ini bisa dibilang adalah komik propagandanya PAN yang saat itu baru terbentuk dan masih amat menggantungkan diri pada ketokohan Amien Rais. Tidak saja untuk memperkenalkan partai baru (yang menjanjikan janji-janji) komik ini juga menunjukkan visi, idealisme berlebih dari PAN, sekaligus mengkritisi jalannya pemerintahan sebelum reformasi. Komik terlihat sangat omong kosong jika mengamati kiprahnya PAN yang biasa-biasa saja dan masih jadi parpol papan tengah. Misalnya ada salah satu ilustrasi yang mengatakan “Awasi agar OrBa tidak muncul kembali” bergambar seorang menyemprot kecoa dan kutu OrBa memakai kaleng pembunuh serangga. Nyatanya PAN gemar berkoalisi dengan orang-orang bekas OrBa. Ada lagi ilustrasi “Kemakmuran dan keadilan” yang menampilkan gambar perbandingan kehidupan satu keluarga di tengah kota antara keadaan semasa Orba yang serba susah dan keadaan bersama Pan yang sejahtera. Padahal kenyataannya toh sama saja. Belum tercapai itu yang namanya kemakmuran dan keadilan yang dijanjikan.

      edit

1 komentar:

  1. The History Of The Ist Titanium A Metal Star - Tiara
    The first-century aluminum babyliss pro nano titanium flat iron stars have titanium tube been carved in toaks titanium 750ml pot bronze by an apple watch titanium vs aluminum art collector, and this show is inspired by the early Chinese civilizations aftershokz titanium of Asia

    BalasHapus